17 Januari 2012

Akibat Insiden Kecil, Konflik Hampir Terjadi

Bogor, Bingkai Merah – Insiden kecil hampir menyulut kembali konflik lama antara warga Kampung Cisalada, kampung jamaah Ahmadiyah, dengan sebelahnya, Kampung Kebon Kopi, Senin (16/1) sore. Berawal dari ejekan anak-anak Kampung Kebon kopi kepada anak-anak Kampung Cisalada yang sedang di atas odong-odong melewati Kampung Cisalada.

Ejekan mereka dibalas dengan lemparan batu-batu kecil anak-anak Kampung Cisalada. Akibatnya, massa dari luar Kampung Cisalada bersama pedagang odong-odong dengan sengaja melintasi Kampung Cisalada. Menurut warga setempat, tindakan massa itu sebagai psywar yang dapat menyulut konflik kembali. Insiden itu pun mendapat perhatian serius dari Humaedi, Ketua Rukun Warga (RW) setempat.

Konflik antara Kampung Cisalada dan Kampung Kebon Kopi masih kerap terjadi karena isu-isu miring dan insiden-insiden kecil. Konflik yang kerap terjadi selalu dikaitkan dengan isu Ahmadiyah.

Insiden sebelumnya pernah terjadi pertengahan 2011. Masalahnya sepele, seorang pemuda Kampung Cisalada dituduh meludahi pemuda Kampung Kebon Kopi, anak Lurah. Warga Kampung Kebon Kopi yang mendapat kabar itu merasa tidak terima dan berencana menyerang Kampung Cisalada. Tetapi, setelah dilakukan mediasi yang melibatkan anggota polisi setempat, Ketua RW, dan Lurah dengan mendatangkan terduga dan korban, ternyata insiden peludahan justru dilakukan anak lurah terhadap pemuda Kampung Cisalada yang sedang melintasi Kampung Kebon Kopi.

Warga Kampung Kebon Kopi sendiri beberapa kali pernah melakukan penyerangan ke Kampung Cisalada, Oktober 2010 lalu. Beberapa Al Quran dan sisi bangunan masjid dibakar massa. Penyerangan itu mengakibatkan kerusakan hebat masjid dan beberapa rumah penduduk.

Konflik soal Ahmadiyah hingga saat ini belum menemui titik terang penyelesaiannya. Jika terus seperti itu, dikhawatirkan akan kembali memanas. Apalagi, kebebasan beragama jamaah Ahmadiyah belum diterima oleh sebagian masyarakat. Pemerintah sendiri kurang serius menyelesaikan masalah itu. Diharapkan, pemerintah secara tegas melindungi warga negaranya dalam beragama dan beribadah sesuai amanat konstitusi Indonesia. (FRD)


Foto: Reuters, 2 Oktober 2010.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Akibat Insiden Kecil, Konflik Hampir Terjadi”

Posting Komentar

Silakan pembaca memberikan komentar apa pun. Namun, kami akan memilah mana komentar-komentar yang akan dipublikasi.

Sebagai bentuk pertanggung-jawaban dan partisipasi, silakan pembaca memberikan identitas nama dan kota di setiap komentar dari pembaca dengan mengisi kolom Name/Url yang tertera di bawah komentar pembaca. Misalnya, Anggun, Denpasar.

Terima kasih.

 

© Bingkai Merah, Organisasi Media Rakyat: "Mengorganisir Massa Melalui Informasi". Email: bingkaimerah@yahoo.co.id